14 Reason Why Smoking Sucks

Kampanye anti rokok sudah sering kita dengar. Bahkan, di kota besar seperti Jakarta,ruang lingkup perokok sudah semakin sempit terutama di kawasan tertentu seperti di hotel, bandara, perkantoran atau mal yang menginginkan lingkungan yang sehat dan bebas dari asap rokok.
Tapi, kenapa masih banyak orang yang belum kapok dan masih terus menghisap rokok yang jelas-jelas benyak mengandung banyak zat yang mengganggu kesehatan?14 alasan dibawah ini mungkin bisa jadi pertimbangan untuk stop rokok.

1. Semahal apapun parfum yang kita pakai, tetap akan sia sia.sebab bau rokok tercium setiapkali kita berbicara atau bernafas. Asap rokok juga bisa melekat di baju.
2. Tebakau terdiri dari ribuan komponen, komponen utamanya adalah nikotinyang bisa dengan cepat masuk kedalam jaringan otak. Nikotin merupakan sejenis racun yang mampu membunuh manusia bila yang terabsorbsi mencapai 30mg.
3. Komponen lainnya adalah Tar dan Karbonmonoksida. Tar terdiri atas ratusan bahan kimia yang gelap dan lengkt yang bisa mengakibatkan kanker.
4. Bayangkan mulut kita bisa seperti knalpot kendaraan karena menghasilkan karbonmonoksida ( CO ) yang bisa memperlambat kerja jantung.
5. Komponen lain yang gak kalah berbahayanya adalah acid, gliserol, glikol, alcohol, aldehid, keton, hidrokarbon alifatik, fenol, beberapa gas korosif seperti hidrogensianid dan nitrogenoksid yang mengakibatkan gangguan jantung dan sirkulasi darah, kanker paru dan organ lainnya, emfisema, bronchitis kronik.
6. Penyakit kanker paru 90% disebabkan oleh rokok.
7. Terjadi penuaan dini, karena terabsorbsi oleh kulit juga. Mau kelihatan lebih tua di usia 20 tahun?
8. Rokok dengan kadar nikotin rendah bukan jaminan lebih aman dari rokok lainnya. Karena berarti kita harus menghisap rokok lebih benyak lagi sesuai dengan kadar kebiasaan kita.
9. Dengan merokok didepan teman kita, berarti menjadikan perokok pasif juga membahayakan kesehatannya.
10. Uang yang harus di keluarkan untuk sebungkus rokok perhari sebesar Rp.5.000,- sebulan Rp.150.000,- cukup untuk beli CD fave kita.
11. Merokok juga dapat mengakibatkan kematian pada 30% kasus kanker. Kanker mulut, kerongkongan,usus, pangkreas, ginjal, kandung kemih, lambung, dan leher rahim berkaitan dengan rokok.
12. Penurunan system kekebalan tubuh 25-30%
13. Perokok memiliki potensi 2 kali lebih besar terkena serangn jantung dan 5 kali serangn stroke.
14. Dr. John Cooke, professor kedokteran Kardiovaskular,Stanford University membuktikan bahwa nikotin dapat menimbulkan tumor dan mengganggu proses kematian sel secara alami.

Created by : MAGAS ( Majalah Gaul Anak Sekolah )

~ oleh fijarpujadi pada Juni 11, 2010.

Tinggalkan komentar